Pemprov DKI Sudah Serahkan 813 Kartu Pekerja

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) bersama Bank DKI telah menyerahkan sebanyak 813 Kartu Pekerja. 

Kepala Dinas Nakertrans DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, pada Tahap 1 tanggal 15 November 2018 diserahkan 173 Kartu Pekerja bertempat di Jakgrosir Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Sementara, untuk Tahap 2 pada 28 November 2018 diberikan sebanyak 160 Kartu Pekerja bertempat di Pasar Bidadari, Jakarta Timur dan Pasar Kedoya, Jakarta Barat.

"Tahap 3 penyerahan dilakukan Sabtu, 15 Desember 2018 di PT Kaho Indah Citra Garment, Kawasan Berikat Nusantara, Jakarta Utara sebanyak 480 Kartu Pekerja," ujarnya, Senin (17/12). 

Andri menjelaskan, program Kartu Pekerja ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja berserta keluarganya. Selain itu, program ini diharapkan dapat menciptakan iklim hubungan industrial yang harmonis maupun berkeadilan, sehingga terwujud Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya. 

"Pemprov DKI berkomitmen meningkatkan kesejahteraan pekerja di Ibukota dengan memperluas manfaat Kartu Pekerja," terangnya. 

Andri menambahkan, program ini disambut baik oleh para pekerja di Jakarta yang mulai mendaftarkan diri sebagai penerima Kartu Pekerja. Hingga saat ini, Dinas Nakertrans DKI telah menerima data dari 147 perusahaan dengan jumlah pekerja sebanyak 5.491 orang. 

"Dari data itu, Dinas Nakertrans DKI Jakarta menyatakan 3.176 pendaftar lolos verifikasi dan sisanya masih berproses," tandasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, penerima Kartu Pekerja akan memperoleh tambahan manfaat di antaranya, menggunakan bus Transjakarta secara gratis, terdaftar sebagai anggota atau member Jakgrosir, mendapatkan subsidi pembelian kebutuhan pangan, serta anak yang bersekolah mendapatkan bantuan pendidikan KJP Plus. 

Untuk mendapatkan subsidi bahan pangan murah, penerima Kartu Pekerja dapat melakukan pembelian di 111 lokasi pasar yang dikelola Perumda Pasar Jaya, 110 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), 18 lokasi rumah susun, dua lokasi Meat Shop PD Dharma Jaya, dan Koperasi Serikat Pekerja yang ditetapkan oleh Tim Kerja. 

Adapun syarat pengajuan Kartu Pekerja yakni, memiliki KTP DKI Jakarta, berpenghasilan maksimal setara dengan UMP+10 persen UMP, dan tidak dibatasi masa kerja.(p/ab)